7.12.10

Adab Orang Tua Kepada Anak

Ayah adalah pemimpin keluarga. Dan setiap pemimpin itu akan diminta pertanggung jawabannya atas kepemimpinannya(H.R.Bukhari-Muslim)

Barang siapa memiliki putri belum dinikahkan lalu putrinya berbuat dosa (berzina,pacaran dll) maka dosanya ditanggung oleh orangtuanya(Umar Bin Kkhattab r.a)

Orangtua hendaknya selalu siap membantu anak anaknya berbuat baik. Allah merahmati orangtua yang membantu anaknya untuk berbuat baik (Asy Sya'bi, Abu Laits Samarqandi)

Orangtua wajib mengingatkan dan menjauhkan anaknya dari semua perbuatan dosa. (H.R. Abu Dawud)

Orangtua wajib memilihkan lingkungan pergaulan anaknya dengan teman teman yang sholeh dan beragam dengan baik. (H.R. Tirmidzi)

Setelah anak berumur 7 tahun,orang tua wajib mulai mengajarkannya syariat agama dan menyuruhnya untuk mengerjakan shalat shalat fardhu. Dan orang tua harus menghukum mereka,jika mereka melalaikan shalat fardhu ketika telah berumur sepuluh tahun (H.R. Abu Dawud)

Pendidikan akhlak kepada anak adalah lebih baik daripada sedekah (H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah)

Baik buruk akhlak seseorang itu bergantung pada pendidikan orangtuanya (HR. Bukhari)

Orang tua yang mengajarkan satu ayat alquran, akan mendapatkan pahala sebesar gunung uhud atas setiap dirham yang diberikan kepada gurunya (H.R. Abu Said Al Khudri r.a)

Orang tua hendaknya memisahkan antara kamar anak laki laki dan wanita ketika mereka berumur sepuluh tahun (HR. Abu Dawud, Hasan Bashri)

Orangtua wajib memilihkan lingkungan pergaulan anaknya dengan teman teman yang shaleh dan beragama dengan baik (HR. Tirmidzi)


Sumber: BBM temen

0 silaturahim:

Tu comentario será moderado la primera vez que lo hagas al igual que si incluyes enlaces. A partir de ahi no ser necesario si usas los mismos datos y mantienes la cordura. No se publicarán insultos, difamaciones o faltas de respeto hacia los lectores y comentaristas de este blog.