8.11.10

Cemburu yang Terpuji


Ternyata cemburu juga dibolehkan kok, selama itu itu masih dalam batas yang dibolehkan. Sampai ada yang berkata, lelaki yang memiliki perasaan cemburu terhadap istrinya, berarti jantan. Sementara yang tidak punya rasa cemburu, berarti lemah kejantanannya wkwkwkwk... Wallahu alam.

Sahabat Abu Hurairah menerangkan, bahwa Rasulullah bersabda, “Sungguh Allah adalah pencemburu. Kecemburuan Allah ketika ada seorang hamba datang kepada-Nya dengan perbuatan yang diharamkan.” (HR. Bukhari). Dalam buku "Menyayangi Istri, Membahagiakan Suami" karya Abu Muhammad Iqbal, Imam Al-Munawi dalam Kitab Faidhul-Qadir menerangkan: "Orang yang paling mulia dan paling bercita-cita tinggi adalah yang paling besar cemburunya. Orang mukmin yang cemburu terhadap hal yang semestinya harus dicemburui, maka dia memiliki sifat yang sesuai dengan salah satu sifat Allah. Barangsiapa yang sifatnya sesuai dengan sifat Allah, sifat itu akan diambil dan dimasukkan ke hadapan-Nya dan didekatkan dengan rahmat-Nya". Menurut buku ini, cemburu yang tidak melebihi batas kewajaran, adalah sangat disukai Allah. Kepadanya akan diberikan curahan rahmat.

Sahabat Jabir bin Ambarah menerangkan, bahwa Rasulullah bersabda, "Ada cemburu yang dicintai Allah, dan ada pula cemburu yang dibenci Allah. Cemburu yang dicintai Allah, adalah cemburu dalam keraguan. Sedang cemburu yang dibenci Allah adalah cemburu dalam ketidak-raguan." (HR. Nasai, Ahmad, dam Ibnu Hibban). Jadi maksudnya disini adalah, cemburu yang terpuji adalah cemburu yang disertai fakta nyata dan ada buktinya. Sedangkan cemburu yang tercela, adalah kecemburuan yang didasarkan pada praduga dan perkiraan belaka. Cemburu yang tercela dapat menyebabkan terhalangnya kemaslahatan karena adanya kesalahpahaman.

Menurut saya pribadi, cemburu bersifat sensitif dan terkadang sangat subyektif. Sehingga perlu adanya ukuran dalam syariat agama. Alhamdulillah dapet berbagai tambahan ilmu. Sehingga insyaAllah cemburu yang terjadi bisa ditakar dan bisa kita nilai apakah masih dalam batas yang sewajarnya.

Gambar nyomot dari sini.

12 silaturahim:

Wong Kam Fung | November 8, 2010 at 11:20 AM  

cemburu tandanya cinta, biar ditandai cinta maka cemburulah hehehe..

ENENG OCHA | November 8, 2010 at 12:09 PM  

selama cemburunya disukai Allah ya Pak ^^

asepsaiba | November 8, 2010 at 2:43 PM  

Duh.. yang lagi mnata hati untuk bisa 'cemburu'.. :D

ENENG OCHA | November 8, 2010 at 3:22 PM  

ehm... ehm...
*loh?!!*

harus ahh Kang Asep, biar hati tetap tajam merasakan semuanya :) demi suami :P

Harrisma | November 8, 2010 at 5:20 PM  

Cemburu boleh2 saja, asal ada gunanya kata bang haji. Eh itu mah begadang ya :)

Keep Posting..

cucuharis | November 9, 2010 at 7:53 AM  

Cemburu yang indah yg dicontohkan Rasul

ENENG OCHA | November 9, 2010 at 10:25 AM  

@ Kang Harris
nuhun Kang :)

@ Kang Achoey
sumuhun Kang :)

ethie | November 9, 2010 at 4:39 PM  

aku terbakar cemburu,.... *nyanyi lagunya Padi* :D

ENENG OCHA | November 9, 2010 at 9:07 PM  

@ ethie
naaaaaaahhh...!!!
ini yang kaga bolleeehhh :P

windcute always selalu | November 14, 2010 at 1:58 PM  

trims postingannya ya...

ENENG OCHA | November 20, 2010 at 6:34 PM  

@ Teh windcute always selalu
sama-sama :)
sharing aja Teh... mau BW balik ahhh...

zhao | November 25, 2010 at 12:38 PM  

Winter, with a woolen scarf that is essential
Wool Scarf Wool Scarf

Tu comentario será moderado la primera vez que lo hagas al igual que si incluyes enlaces. A partir de ahi no ser necesario si usas los mismos datos y mantienes la cordura. No se publicarán insultos, difamaciones o faltas de respeto hacia los lectores y comentaristas de este blog.