23.6.10

Hikmah #1

Dari Abu Abdur Rahman Al-Maghazili bahwa seorang wanita ahli hikmah yang tinggal di Mekah memberi nasihat. Dia berkata, "Bayangkanlah Kiamat di depan mata hati kalian. Tengoklah diri kalian! Apa amal-amal yang telah kalian kerjakan? Apa yang menurut kalian bahwa ia diterima di hari itu. Maka berharaplah kepada Allah agar diterima dan diberikan kesempurnaan nikmat di dalamnya. Dan apa yang kalian takutkan untuk ditolak pada hari itu, maka mulailah memperbaikinya sekarang. Jangan melalaikan diri kalian, karena amal kalian bisa tertolak dimana tidak ada pengganti dan tidak diterima tebusan."

Dia berkata, "Baik dan rusaknya badan hanya terdapat pada baik buruknya niat. Saudara-saudaraku, orang-orang yang bertakwa memperoleh kecintaan (manusia), karena kecintaan mereka kepada-Nya dan ibadah mereka hanya kepada-Nya."

Dia melanjutkan, "kalau bukan karena Allah, niscaya mereka tidak memperoleh itu. Akan tetapi mereka mencintai Allah dan Rasul-Nya, maka Allah membuat hamba-hamba-Nya mencintai mereka, karena kecintaan mereka kepada Allah dan Rasul-Nya."

Saudara-saudaraku, sejauh mana kalian berpaling dari Allah, sejauh itu pula Allah berpaling dari kalian dengan kebaikan-Nya. Dan sejauh mana kalian menghadap kepada-Nya, maka Dia pun akan menghadap kepada kalian dan menambah karunia-Nya kepada kalian. Dan Allah Maha Luas lagi Maha Pemurah.

Sumber: 10 Sifat Bidadari Dunia, Cetakan ke-4. Penerbit eLBA.


Subhanallah...
Hati saya sangat tersentuh dengan cerita ini, mind opening banget karena membuat saya kembali bermuhasabah apa yang sudah saya lakukan ke belakang, apakah sesuatu yang baik? Atau malah sebaliknya? Sekelebat peristiwa langsung terbayang di kepala, mengingat-ingat masa lalu baik itu bahagia, sedih, kecewa, seneng, marah, kesel, semuanya untuk saya adalah nikmat Allah, nikmat kecil ataupun besar yang sejatinya merupakan arti hidup yang sesungguhnya. karena kita ga melulu bisa happy kan??? Harus juga dong ngerasain yang namanya sedih, kesel, kecewa, dan perasaan negatif lain, sehingga hidup kita makin kaya :D

Semoga saja percikan di atas juga bisa memberikan warna untuk kalian yang membacanya :)

0 silaturahim:

Tu comentario será moderado la primera vez que lo hagas al igual que si incluyes enlaces. A partir de ahi no ser necesario si usas los mismos datos y mantienes la cordura. No se publicarán insultos, difamaciones o faltas de respeto hacia los lectores y comentaristas de este blog.