7.2.10

Arisan Dinar

Beberapa bulan yang lalu saya sempet diskusi mengenai "dinar", bagaimana dinar merupakan salah satu alat tukar perniagaan yang tidak terpengaruh inflasi, walo tetep kepengaruh sama yang namanya kurs. Konon katanya alat tukar ini berupa emas. But... saya belum berani memaparkan seperti apa karena belum paham banget.

Seminggu kemarin sempet baca artikel di fb, judulnya : "Arisan Dinar". Kalo pada umumnya arisan itu sendiri tuh wadah dimana beberapa orang mengumpulkan sejumlah uang sesuai kesepakatan, lalu diberikan uang yang terkumpul (atau barang) kepada orang yang telah ditentukan bersama, biasanya namanya didapat dari hasil kocokan kertas yang berisi semua anggota. Begitu terus diulang sampai setiap anggota mendapatkan giliran. Hanya bedanya, biasanya uang yang dikumpulkan selalu sama dari tiap periode ke periode berikutnya, pada arisan dinar ini jumlah yang disetorkan mengikuti harga dinar yang berlaku pada tanggal penyetoran.

Saya kutip contoh kasusnya :

Jumlah peserta arisan = 10 orang
Harga dinar sewaktu tanggal penyetoran (misalnya hari ini) = 1.433.000
Besarnya yg harus disetor setiap peserta = 1/10 harga dinar = 143.300

Untuk bulan depannya, misalnya harga dinar 1.415.000 berarti yang harus disetorkan setiap peserta adalah 141.500, begitu seterusnya. Para peserta dapat melihat sendiri harga dinar yang berlaku di situs www.wakalanusantara.com yang selalu up to date setiap harinya.

Keuntungan arisan dinar ini yaitu seperti sedang menabung dinar, karena untuk membeli 1 keping dinar, yaitu emas seberat 4.25 gram lumayan berat juga. Tapi dengan dicicil setiap bulannya 1/10 harga dinar, hanya dalam jangka waktu 10 bulan sudah bisa membeli 1 keping dinar. Karena jika kita kumpulkan uang setiap bulannya untuk membeli 1 keping dinar 10 bulan kemudian, belum tentu harga dinar masih sama dengan hari ini. Dengan mengikuti arisan dinar ini, kita dapat membeli 1 dinar dengan harga rata-rata dinar selama 10 bulan.


Subhanallah... saya pikir ini salah satu bentuk arisan yang menjanjikan, selain tujuan arisan adalah tetap menjalin silaturahim selain itu kita dapet keuntungan secara ga langsung, yaitu menabung dinar!
MyEm0.Com

Jadi pengen... ngajakin anak-anak Blogor pada mau gag yaaaa...???

0 silaturahim:

Tu comentario será moderado la primera vez que lo hagas al igual que si incluyes enlaces. A partir de ahi no ser necesario si usas los mismos datos y mantienes la cordura. No se publicarán insultos, difamaciones o faltas de respeto hacia los lectores y comentaristas de este blog.