19.12.09

Muslimah harus Sholehah?

Semalem saya mikir tentang pandangan yang diutarakan dalam suatu artikel, saya lupa judulnya. Hal menarik yang bisa diambil adalah, seorang muslimah haruslah sholehah, karena kelak dia akan menjadi seorang ibu untuk anaknya dan partner hidup untuk suaminya.

Seorang Ibu disini mencakup pengajar, teman bermain, pembimbing, sekaligus pengasuh pengingat untuk anak-anaknya. Selain itu juga seorang teman hidup, kekasih, penasihat dan juga reminder untuk suaminya.

Kalo dipikir-pikir, berat juga yah... Kalo memang kriteria di atas harus dipenuhi semua, maka memang pantas jika seorang wanita muslimah haruslah sholehah demi menjaga keutuhan rumah tangga yang telah terbentuk.

Pernah saya juga membaca, keutamaan-keutamaan wanita sholehah, ataupun hadits-hadits yang menerangkan tingginya derajat wanita sholehah di mata Allah, subhanallah! Ngiler dibuatnya! Tapi pelaksanaannya tak mudah :p sungguh hamba-Mu ini hanyalah pasir di antara mutiara-mutiara yang terhampar di sekitarku. Ingin rasanya kelak menjadi salah satu mutiara-Mu ya Allah. Tapi itu butuh waktu, butuh proses, butuh tempaan terlebih dahulu. Tempaan nikmat yang orang lain sebut sebagai cobaan, yang lain sebut sebagai ujian.

Pernah saya membaca bahwa cobaan ataupun ujian adalah salah satu nikmat Allah yang juga harus kita rasakan sebagai manusia. Bedanya nikmat yang ini rasanya pahit dan getir bagi manusia. Tapi untuk saya, cobaan or ujian adalah tantangan dalam hidup, teka-teki yang harus ketemu jawabannya, masalah yang harus ada solusinya. Sementara untuk terus memiliki semangat menghadapi "tantangan" yang satu ini harus disertai keyakinan yang namanya iman.

Apakah bekal iman kita cukup untuk menghadapinya? Itulah kenapa manusia diciptakan bersaudara serta berpasang-pasangan, sehingga kita bisa saling mengingatkan serta saling menasihati.

Back to the topic! Dalam rumah tangga, pasangan hidup or saya lebih suka menuliskannya partner hidup, akan sangat menyenangkan dan menentramkan kalo bisa saling mengingatkan dan saling menasihati dalam kebaikan sesuai dengan syariat Islam. Akan sangat membahagiakan bila saling memberi motivasi untuk terus meningkatkan ibadah kita. Akan sangat menyejukkan bila saling memberi dukungan untuk terus berasa dalam koridor Islam.

Tapi ini baru harapan saya... Mudah-mudahan bisa secepatnya terwujud, amin.

2 silaturahim:

Ikan-Laron-Semut | December 21, 2009 at 2:55 PM  

semangat mbak!!
sebaik2 nikmat di dunia adalah wanita (istri( yang solehah..

ENENG OCHA | December 21, 2009 at 7:39 PM  

Amin... mudah-mudahan kita selalu termasuk ke dalam golongan orang-orang yang merindukan nikmat Allah SWT.

Tu comentario será moderado la primera vez que lo hagas al igual que si incluyes enlaces. A partir de ahi no ser necesario si usas los mismos datos y mantienes la cordura. No se publicarán insultos, difamaciones o faltas de respeto hacia los lectores y comentaristas de este blog.