30.4.09

is it artritis???

.................................................................................................................................
How r u doin gals? Hope u r doin fine... Coz... right now, (again) I have to face somekind of marathon illness, at the beginning of april I had typhus... alhamdulillah now I am recovery from it. But, suddenly came up result of my blood tests... That I having in indonesia called "asam urat"...

What the.....??!!!

Kayanya impossible deh... aku kan masih muda,,,, bahkan Aay aja bilang, kok kamu bisa kena penyakit orang tua....

Setelah aku googling, ternyata eh ternyata asam urat bisa kena pada usia dini mulai umur 16-17 tahun looh!!! So hati-hati...... karena... believe me... rasanya gak enak, sakit, linu dan (again!) sakiiiiit banget di tiap persendian. Terutama ketika akan tidur dan bangun pagi. Rasanya badanku rontok semua alias setiap engselku copot semua!!!

Dari kumpulan info, aku dapet informasi kalo asam urat tuh merupakan sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.

Purin itu sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Atauuu in another word, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.

iiiiiHHHHH.... syereeeem banggeeeeTTzzzz!!!

JUST FYI, Gejala yang aku alamin :
1. Kesemutan dan linu
2. Nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur
3. Sendi kayanya terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi hari

Truus... dari kumpulan info di atas, katanya solusinya minimal adalah :
1. Kontrol cek darah untuk melihat kadar asam urat kita, kadar normalnya adalah 2.4 - 6 untuk cewe dan 3 - 7 untuk cowo.
2. Kontrol makanan yang dikonsumsi
3. Banyak minum air putih. Karena zat purinnya nanti bisa kebuang lewat urine kita.

Oya, disitu juga dikasi tau kalo pantangan bagi yang kena asam urat antara lain :
1. jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
2. Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting.
3. Makanan kaleng seperi kornet dan sarden.
4. Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
5. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
6. Sayuran seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis.
7. Buah-buahan seperti durian, alpukat, nanas, air kelapa.
8. Minuman dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, tuak.

HaaaaaaHHHH!!??? itu mah makanan kesukaan gw semua....!!! Kecuali yang mengandung alkohol loohh... ^_^

Hiks... terus aku makan apa dooong...!!???? Ada saran dan masukan gag...?

0 silaturahim:

Tu comentario será moderado la primera vez que lo hagas al igual que si incluyes enlaces. A partir de ahi no ser necesario si usas los mismos datos y mantienes la cordura. No se publicarán insultos, difamaciones o faltas de respeto hacia los lectores y comentaristas de este blog.